BERBAGI CARA UNTUK MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI SOFTWARE



Berbagi cara Untuk Mendapatkan Penghasilan dari Software

Diantara kita mungkin ada yang menggunakan otodidak, ada juga yang menempuh jalan kuliah di jurusan IT ataupun hanya kursus profesional dari penyedia kursus ternama. Namun satelah mendapatkan semua skill programming; apa hanya akan menguap begitu saja?
Tentu masing – masing dari kita ingin mendapatkan penghasilan dari skill yang kita miliki. Ada yang mendapatkannya dengan cara bekerja pada suatu perusahaan tersebut dan mepekerjakan orang lain.

Pada dasarnya Indonesia semua harus serba gratisan, beli game bajakan, beli sistem operasi bajakan juga, bahkan beli prangkat lunak pun bajakan juga dengan harga murah dibawah Rp.50.000 rupiah. Apakah hal tersebut membuat kita sebagai software menjadi sia – sia dalam menimba ilmu?
Jangan sia – siakan skill mu tersebut, ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari software devolopment dan tentu saja pasarnya tidak harus di indonesia. Berikut ini adalah sebuah ringkasan bagaimana kita dapat mencari penghasilan dari software yang kita kembangkan.
1.      Shareware dan Premium software
Pertama kita buat terlebih dahulu sebuah software dengan fitur terbatas. Misalnya hanya menyediakan 5 fitur saja yang terdiri dari fitur A,B,C,D, dan E. Setelah mendapatkan pengguna yang banyak dan merasa bahwa pengguna sangat membutuhkan software yang kita kembangkan. Barulah kita sediakan fitur yang lebih lengkap dari A hingga Z.
Software dengan fitur terbatas biasa disebut dengan sharewere, sedangkan yang memiliki fitur lebih dari berbayar dinamakan dengan premium software. Model bisnis ini salah satu yang umum dikerjakan oleh banyak software developer

2.      Menjual Source code software untuk keperluan belajar
Mungkin penghasilan yang didapatkan dari model bisnis ini bisa murah, ataupun bisa mahal. Kita buat software sederhana yang dapata dimengerti oleh seseorang kemudian jual jual source code-nya untuk dipelajari orang lain. Tentu saja software yang dijual harus disertai dengan penjelasan dan tutorial baik tertulis maupun verbal.
Biasanya sofware yang dijual berupa software sederhana yang dapat dibedah kodenya langsung seperti toko online, perpustakaan elektronik, penerimaan siswa baru dan lainnya.

3.      Menerima pembuatan Software secara Custom
Harga yang diterima bisa bervariatif. Ada yang sangat murah hingga miliaran Rupiah. Pembuatan software secara custom bisa datang dari client sekelas BUMN, pemerintahan, korporasi, manufaktur, atau badan pendidikan tinggi yang ingin meningkatkan optimalitas bisnis proses mereka dangan bantuan kita dalam menyediakan software custom.

4.      Menjual Software di Application store
Kehadiran aplication store seperti Google Play, apple,  AppStore, dan lainnya menjadi ingin segar bagi software developer untuk mencari penghasilan dari pembuatan aplikasi. Software yang dijual dapat berupa Produktivitas, game, hingga software software kreatif yang dapat digunakan oleh user seperti aplikasi untuk foto selfie. Ada juaga yang membuat untuk tracking aktivitas olahraga kita dan akuntansi.
Platform yang tersedia pun cukup beragam mulai dari desktop, bobile, watch, dan TV

5.      Software Sebagai penopang Bisnis
Disini uang yang digelontorkan untuk menjadi modal pembangunana software tidak diharapkan balik modal dari menjual software tersebut. Melainkan balik modal dari jasa atau barang yang dijual kepada pelanggan dengan bantuan software yang menjadi penompamng bisnis tersebut.

6.      Software Sebagai Pendukung Software Lain
Biasanya yang dijual adalah libryar atau sebuah komponen. Di dunia Microsoft misalnya, banyak sekali komponen UI untuk ASP.
Sehingga pengembang aplikasi lain dapat membelinya dari thrid party yang menyediakan komponen yang lebih mutakhir.

7.      Software Sebagai Infrastruktur
Mail Server adalah, software juaga bukan? Banyak sekali mail server canggih yang dijual sebagai infrastruktur adalah perusahaan yang besar dan mempenyai waktu devolopment yang penjang dibanding software lain.

8.      Lisensi Software
Merupakan software yang paling lawas diman pelanggan membayar izin menggunakan software dari suatu vendor tanggung plan yang diinginkan.

9.      Pasang Iklan di Dalam Software
Kebanyakan iklan ini dipasang di aplikasi web dan mobile. Terutama di aplikasi seperti mobile game.

10.  Software As A Service

Evolusi software hingga 2017 ini memang sangat fantastis.
Previous
Next Post »