KUNCI SUKSES JUALAN LEWAT IG
Instagram kini telah menjadi platform bisnis yang sangat di gemari. Lebih
dari delapan puluh persen penggunanya mengikuti akun bisnis. Artinya, Terdapat
lebih dari 560 Juta pengguna di IG yang bisa di jadikan Konsumen potensial
untuk berjualan di IG.
Ada beberapa strategi yang bisa kamu pakai untuk memaksimalkan penjualan
kamu di Instagram. Pakar Marketing Nell Patell berbagi tujuh konsep praktis
supaya bisnismu bisa menjangkau lebih banyak orang, di kenal banyak orang, dan
pada akhirnya menghasilkan lebih banyak revenue.
1. FOKUS
MENCIPTAKAN KONTEN BERKUALITAS
Hal Pertama yang terpenting dan harus kamu lakukan adalah
fokus menciptakan konten berkualitas tinggi. Orang tidak akan tertarik
mengikuti akunmu bila isinya tidak menarik.
Kamu bisa mendapatkan referensi konten dari akun-akun
lain. Biasakan untuk mengambil Screenshoot setiap konten yang menarik
perhatianmu untuk dijadikan referensi.
Ada beberapa jenis konten yang bisa menarik perhatian
pengguna. Tapi bila kita berbicara soal produk, maka dua jenis konten yang
efektif adalah Foro produk dan behind the scene
Dengan menunjukan proses pembuatan produk, kamu bisa
meyakinkan pengguna bahwa kamu berusaha menyajikan produk terbaik. Pengguna
juga akan merasa lebih dekat dengan perusahaanmu karena mereka melihat unsur
manusia di dalamnya, bukan korporat belaka.
Gunakan kamera dan pencahayaan yang baik agar produkmu
tampak Jelas. Seiring dengan pengalaman, kamu akan menemukan gaya foto yang
paling digemari oleh pasar. Tapi Bila kamu baru memulai, kamu bsia meniru gaya
foto dari akun bisnis lain.
2.
BERINTERAKSI DENGAN PENGGUNA LAIN
Dalam platform media sosial apa pun, interkasi dengan
pengguna lain adalah sangat penting. Luangkan waktumu untuk membaca
komentar-komentar yang ada dan membalas bila perlu. Manfaatkan caption untuk
mengajak para pengguna meninggalkan komentar.
Terkadang pengguna memanfaatkan kolom komentar untuk
bertanya atau melayangkan komplain. Jadi kolom komentar memiliki fungsi serupa
dengan customer service.
Bila kamu bisa membalas komentar dengan cepat, pengguna
akan merasa bahwa kamu benar-benar menghargai mereka. Ucapan simpel seperti “terima
kasi” pun bisa berdampak besar.
3.
JAGA BRAND TETAP KONSISTEN
Brand lebih dari sekedar konten. Brand berhubungan dengan
semua aspek yang kamu gunakan, mulai dari gaya gambar, gaya penulisan caption,
seberapa sering kamu menerbitkan konten, dan masih banyak lagi. Bila kamu
berhasil menyajikan konten dengan cara unik dan konsisten, kesadaran masyarakat
akan brand milikmu akan tubuh jauh lebih cepat.
4.
MANFAATKAN INFLUENCER
Influencer marketing adalah tren yang sangat populer, dan
Instagram membuatnya sangat mudah dilakukan. Secara sederhana, influencer
marketing artinya kamu membayar pemilik akun Instagram lain untuk mempromosikan
Brand milikmu. Bila dilakukan dengan baik, ini bisa menghasilkan ROI tinggi
yang sulit diraih metode pemasaran lain.
5.
ADAKAN KOMPETISI
Kompetisi adalah salah satu cara beriklan yang sangat
baik di Instagram. Kompetisi dapat meningkatkan minat dan interaksi pengguna,
juga memberimu kesempatan memberikan imbalan pada para Follower. Ada banyak
jenis kontes yang bisa kamu lakukan, Tapi yang paling umum adalah Giveaway
Produk.
Kamu bisa mengunggah gambar, lalu meminta para pengguna
untuk memberi Caption di gambar itu, atau mengajak pengguna mengunggah foto
mereka saat sedang menggunakan Produkmu, Karya terbaik kemudian akan mendapat
hadiah.
Bila berjalan dengan baik, kontes-kontes semacam ini
dapat menyebar dengan cepat, sehingga memberi hasil yang jauh lebih berharga
daripada nilai hadiahnya. Apalagi dibandingkan dengan biaya pasang iklan.
Sumber : https://id.techinasia.com/kunci-sukses-pemasaran-di-instagram
ConversionConversion EmoticonEmoticon