KUNCI SUKSES JUALAN LEWAT IG

KUNCI SUKSES JUALAN LEWAT IG

Instagram kini telah menjadi platform bisnis yang sangat di gemari. Lebih dari delapan puluh persen penggunanya mengikuti akun bisnis. Artinya, Terdapat lebih dari 560 Juta pengguna di IG yang bisa di jadikan Konsumen potensial untuk berjualan di IG.

Ada beberapa strategi yang bisa kamu pakai untuk memaksimalkan penjualan kamu di Instagram. Pakar Marketing Nell Patell berbagi tujuh konsep praktis supaya bisnismu bisa menjangkau lebih banyak orang, di kenal banyak orang, dan pada akhirnya menghasilkan lebih banyak revenue.

1.      FOKUS MENCIPTAKAN KONTEN BERKUALITAS

Hal Pertama yang terpenting dan harus kamu lakukan adalah fokus menciptakan konten berkualitas tinggi. Orang tidak akan tertarik mengikuti akunmu bila isinya tidak menarik.

Kamu bisa mendapatkan referensi konten dari akun-akun lain. Biasakan untuk mengambil Screenshoot setiap konten yang menarik perhatianmu untuk dijadikan referensi.

Ada beberapa jenis konten yang bisa menarik perhatian pengguna. Tapi bila kita berbicara soal produk, maka dua jenis konten yang efektif adalah Foro produk dan behind the scene

Dengan menunjukan proses pembuatan produk, kamu bisa meyakinkan pengguna bahwa kamu berusaha menyajikan produk terbaik. Pengguna juga akan merasa lebih dekat dengan perusahaanmu karena mereka melihat unsur manusia di dalamnya, bukan korporat belaka.

Gunakan kamera dan pencahayaan yang baik agar produkmu tampak Jelas. Seiring dengan pengalaman, kamu akan menemukan gaya foto yang paling digemari oleh pasar. Tapi Bila kamu baru memulai, kamu bsia meniru gaya foto dari akun bisnis lain.

2.      BERINTERAKSI DENGAN PENGGUNA LAIN

Dalam platform media sosial apa pun, interkasi dengan pengguna lain adalah sangat penting. Luangkan waktumu untuk membaca komentar-komentar yang ada dan membalas bila perlu. Manfaatkan caption untuk mengajak para pengguna meninggalkan komentar.

Terkadang pengguna memanfaatkan kolom komentar untuk bertanya atau melayangkan komplain. Jadi kolom komentar memiliki fungsi serupa dengan customer service.

Bila kamu bisa membalas komentar dengan cepat, pengguna akan merasa bahwa kamu benar-benar menghargai mereka. Ucapan simpel seperti “terima kasi” pun bisa berdampak besar.

3.      JAGA BRAND TETAP KONSISTEN

Brand lebih dari sekedar konten. Brand berhubungan dengan semua aspek yang kamu gunakan, mulai dari gaya gambar, gaya penulisan caption, seberapa sering kamu menerbitkan konten, dan masih banyak lagi. Bila kamu berhasil menyajikan konten dengan cara unik dan konsisten, kesadaran masyarakat akan brand milikmu akan tubuh jauh lebih cepat.

4.      MANFAATKAN INFLUENCER

Influencer marketing adalah tren yang sangat populer, dan Instagram membuatnya sangat mudah dilakukan. Secara sederhana, influencer marketing artinya kamu membayar pemilik akun Instagram lain untuk mempromosikan Brand milikmu. Bila dilakukan dengan baik, ini bisa menghasilkan ROI tinggi yang sulit diraih metode pemasaran lain.

5.       ADAKAN KOMPETISI

Kompetisi adalah salah satu cara beriklan yang sangat baik di Instagram. Kompetisi dapat meningkatkan minat dan interaksi pengguna, juga memberimu kesempatan memberikan imbalan pada para Follower. Ada banyak jenis kontes yang bisa kamu lakukan, Tapi yang paling umum adalah Giveaway Produk.

Kamu bisa mengunggah gambar, lalu meminta para pengguna untuk memberi Caption di gambar itu, atau mengajak pengguna mengunggah foto mereka saat sedang menggunakan Produkmu, Karya terbaik kemudian akan mendapat hadiah.


Bila berjalan dengan baik, kontes-kontes semacam ini dapat menyebar dengan cepat, sehingga memberi hasil yang jauh lebih berharga daripada nilai hadiahnya. Apalagi dibandingkan dengan biaya pasang iklan.

Sumber : https://id.techinasia.com/kunci-sukses-pemasaran-di-instagram
Previous
Next Post »