Cara Aman Membersihkan Smartphone dan Tablet

Kamu pastinya sudah lihat banyak artikel tentang bagaimana cara membersihkan storage atau RAM suatu smartphone dalam JalanTikus kan? Kali ini JalanTikus ingin memberikan kamu cara aman membersihkan bagian luar smartphone dan tablet. Jangan salah kaprah, debu yang menempel di smartphone kamu bisa jadi sarang penyakit bagi smartphone dan bagi diri kamu sendiri loh!

hp kotor
Pasti tahu dong, bagi sebagian besar smartphone dan tablet yang tidak memiliki sertifikat anti air, air adalah ide buruk untuk membersihkan. Mungkin kamu berpikir tidak masalah kalau tidak masuk ke bagian dalam handset kamu, tapi tanpa kamu tahu, bisa jadi air merembes melalui lubang speaker, lubang headset, ataupun lubang lainnya yang terbuka di device kamu. Hal ini tentu menjadi masalah besar, niatnya membersihkan, malah jadi merusak Hp. Gimana ya cara aman membersihkan smartphone dan tablet? Berikut adalah tipsnya.

Cara Aman Membersihkan Smartphone dan Tablet

1. Bersihkan Layar Smartphone/Tablet

Layar adalah bagian ponsel yang paling sering kamu lihat dan pastinya kamu juga sadar bagaimana keadaan layar ponsel kamu entah itu kotor atau kinclong. Penting bagi kamu untuk membersihkan layar secara efektif. Untuk membersihkannya kamu bisa memakai kain microfiber. Tekstur kainnya yang lembut ini sangat bagus untuk layar ponsel yang sensitif.microfiber cloths
(Kain microfiber bagus untuk membersihkan layar smartphone karena teksturnya yang lembut)
Kamu bisa menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi air sedikit saja dan kemudian menggosok layar smartphone kamu dengan cara memutar. Cara membersihkan layar lainnya sudah kami jelaskan secara rinci pada artikel 8 Cara Membuat Layar Smartphone yang Tergores Jadi Baru Lagi.

2. Bersihkan Badan Smartphone/Tablet

Untuk bagian badan, kamu bisa gunakan cotton buds atau tusuk gigi dengan kapas sehingga dapat menjangkau lubang speaker atau lubang headset pada smartphone/tablet. Hal ini memang agak memakan waktu namun penting digunakan untuk kelangsungan hidup device kamu sendiri.cottonbud
(Gunakan cotton buds untuk membersihkan area badan dan menjangkau lubang-lubang pada smartphone/tablet)
Kamu bisa menggunakan cotton buds kering untuk menghilangkan debu dari lubang di bodi smartphone/tablet. Hindari menggunakan pembersih rumah tangga atau semacam disinfektan dalam hal ini karena bahan kimia seperti itu bisa merusak device kamu. Kamu bisa gunakan campuran air dan cuka atau alkohol sebagai ganti disinfektan untuk membersihkan bodi ponsel.

3. Tips Maintenance Smartphone/Tablet

Selain dua cara di atas, yang kamu harus lakukan adalah memelihara/maintenance device kamu agar tidak cepat rusak. Salah satunya dengan menjaga suhu smartphone/tablet milikmu.maintainance hp
(Jaga suhu smartphone/tablet saat mengisi daya baterai)
Cara paling mudah adalah menjaga suhu smartphone atau gadget. Jangan sampai overheat. Kamu bisa membaca artikel Inilah 4 Solusi Buat HP Android yang Sering Overheat jika kamu memiliki masalah dengan gadget yang overheat. Kami juga telah menyediakan artikel tentang tips mengisi daya baterai smartphone dengan cepat dan benar untuk kelangsungan daya baterai kamu agar tidak cepat rusak. Kamu bisa baca lebih lanjut di artikel 6 Tips Charge Baterai HP Dengan Cepat dan Benar.

4. Pakai Casing Smartphone/Tablet

Untuk menjaga device kamu tetap bersih, kamu bisa menggunakan casing untuk smartphone atau tablet kamu. Dengan begitu, yang kotor adalah casing-nya dan smartphone kamu tidak akan sekotor saat terpapar langsung dengan debu.casing
(contoh casing smartphone)
Tapi pastikan saat memakai casing, smartphone kamu tetap pada suhu standarnya. Jika sudah menunjukkan tanda-tanda overheat, segera lepaskan device kamu dari casing-nya supaya suhu panas bisa keluar dari casing.
Nah, dari empat tips cara aman membersihkan smartphone dan tablet di atas, mana yang sudah kamu lakukan? Jika kamu memiliki cara lain membersihkan smartphone dan tablet, share di kolom komentar ya! Jangan lupa download aplikasi untuk membersihkan RAM dan storage smartphone kamu di JalanTikus.
Sumber : Jalantikus
Previous
Next Post »